5.000 Peserta Meriahkan Bogor Culture

BOGOR,kumpulanberita-beritaterbaru.blogspot.com/Sedikitnya 5.000 peserta akan meriahkan pelaksanaan Bogor Culture Festival 2012 "Seba Kuwerabakti" yang akan digelar menyongsong Hari Jari Bogor ke-530 yang jatuh pada 3 Juni mendatang.
"Festival Budaya Bogor diharapkan dapat meningkatkan kujungan wisatawan ke Bogor dimana kita memprediksikan 40.000 pengunjung akan hadir dalam acara ini," kata Ketua Himpunan Pramuwisata Kota Bogor, Bagus Karyanegara saat ditemui usai acara soft launching Bogor Culture Festival 2012 "Seba Kuwerabakti" di Botani Square, Selasa.
Peluncuran awal Bogor Culture Festival 2012 dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, budayawan, perwakilan peserta, anggota DPRD dan panitia acara.
Acara peluncuran dibukan secara resmi oleh Asisten Tata Praja Kota Bogor Ade Syarif Budiman mewakili Wali Kota Bogor.
Bagus menjelaskan, Bogor Culture Festival 2012 "Seba Kuwerabakti" dimaksudkan untuk mengangkat kembali prosesi agung kebudayaan Sunda Padjajaran Seba Kuwerabakti yang dulunya berpusat di ibu kota Pakuan yang murupakan Bogor sekarang.
"Melalui kegiatan ini diharapkan semakin banyak masyarakat dan wisatawan yang mengenal budaya Sunda sebagai cikal bakal masyarakat Bogor," kata Bagus.
Bagus menyebutkan rangkaian kegiatan BCF 2012 Seba Kuwerabakti meliputi festival layang-layang tradisional, pameran ekonomi kreatif, lomba foto objek wisata Bogor, Bogor travel kiosk, karnaval dan panggung sunda, festival jajanan Bogor Baheula dan festival kampung Tionghoa.
BCF juga akan dimeriahkan pawai budaya Seba Kuwerabakti, dimana ada 200 orang akan berpakaian kuno ala kerajaan Padjajaran berpawai mengangkat tradisi agung Seba Kuwerabakti. "Pawai budaya ini seluruh rombongan masyarakat Bogor akan menampilkan potensi budaya masing-masing. Ada juga pawai mobil hias," katanya.
Menurut Bagus mengata dipilih Bogor, karena 200.000 orang penduduk Bogor bekerja di Jakarta setiap harinya. Selain itu, Bogor hampir setiap pekan didatangi pengunjung dari Jakarta 5.000 orang.
Di Bogor juga terdapat puluhan gedung warisan dari jaman kolonial Belanda. Bogor memiliki sejarah bernilai tinggi yang berasal dari jaman kerajaan Padjajaran pada 500 tahun silam.
Pada masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi, kerajaan Padjajaran mencapai keemasannya dimana kekuasaannya melintang dari Banten hingga Brebes. "Bogor dahulu merupakan purasaba (ibu kota) Pakuan Padjajaran. Peninggalan sejarah yang penting dari Padjajaran adalah Batu Tulis," kata Bagus.
Acara ini rencananya akan dihadiri sejumlah tamu undangan seperti menteri pariwisata, menteri pendidikan, menteri perindustrian, Direktur Asia Pasific-UNESCO dan duta besar negara sahabat. "Pesan yang ingin kita sampaikan dalam acara ini adalah memperkenalkan keanekaragaman budaya yang ada di Bogor tapi tetap kondusif," kata Bagus.
Sementara itu, Asistem Tata Praja Kota Bogor, Ade Syarif Budiman mengatakan, pemerintah Kota Bogor menyambut baik penyelenggaraan Bogor Culture Festival 2012 sebagai rangkaian kegiatan HJB ke-530.
"Penyelenggaraan Bogor Culture Festival 2012 Seba Kuwerabakti diharapkan dapat melibatkan unsur masyarakat, memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan dan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota bogor .


Recommended Posts :

0 komentar:

Posting Komentar - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))